Jumat, 29 Agustus 2014

Ada Kasus Manusia Bisa Tak Terlihat, Mistik atau Ilmiah?

Misteri Dunia Mistik - Masih ingatkah  film "The Invisible Man"?, yaitu film tentang ilmuwan yang mengadakan percobaan dan akhirnya bisa 'menghilang' dari pandangan orang-orang sekitarnya. film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama ini ternyata memang terjadi di dunia nyata sekarang ini.
 

Kita mungkin sering menghubungkan fenomena tersebut dengan dunia mistikatau kasab mata. Lalu, bagaimanakah ilmu pengetahuan coba menjawab pertanyaan ini?  

Manusia yang menghilang secara ilmiah disebut Spontaneous Human Invisibility atau  Spontaneous Human  Involuntary Invisibility.
 
Jika ada orang yang memiliki kemampuan ini maka ia bisa tidak terlihat dalam beberapa waktu lamanya. Ternyata kasus ini terjadi di berbagai belahan dunia, bahkan di negara Amerika. Jika  jaman dulu atau (masih terjadi) di negara-negara berkembang seperti Indonesia sudah  pasti langsung dihubungkan dengan kemampuan magis.
 
Ok, sekarang kita lihat dulu contoh kasusnya seperti apa.

1. Menghilang di Toilet

Peter (37) ,dan tinggal di Gloucestershire, Inggris. Suatu hari ia menghadiri pesta bersama teman kerjanya.
 
Pada saat ia menaiki tangga untuk menggunakan kamar mandi, tiba-tiba ia diikuti seorang wanita yang ingin menggunakan kamar mandi juga. Dan wanita itu membiarkan Peter untuk menggunakan kamar mandi duluan dan menunggu di depan pintu untuk gilirannya.
 
Setelah Peter selesai lalu  ia keluar dari toilet dan langsung menghampiri teman temannya dan mulai berbicara pada mereka. Keanehan terjadi, semua teman dan bahkan pacarnya mengabaikannya dan tidak memperhatikannya, dan Peter menganggap mereka bercanda.
 
Akhirnya,  Peter kembali ke kamar mandi dan melihat wanita yang tadi menunggunya keluar dari kamar mandi. Wanita itu terkejut melihat peter yang dia kira masih di kamar mandi ternyata sudah di luar.
 
Ketika Peter kembali bertanya pada teman dan pacarnya dan  mereka bilang tidak melihat ataupun mendengar Peter sebelumnya. Wanita tadi juga tidak tahu Peter sudah keluar kamar mandi dan turun dari tangga.

 
2. Duduk di Sofa lalu Menghilang
 
Kasus lain juga terjadi. Peristiwa ini  menimpa Wanita bernama Melanie, di Ventura, California. Dia Mengalami pengalaman aneh saat dia duduk di sofa. Pada saat itu dia sedang menatap ke dinding dan saat itu juga tiba-tiba menghilang.
 
Ia baru menyadari hal ini ketika suaminya keliling rumah mencari dirinya. Suaminya juga berdiri di depannya dan  hanya beberapa kaki. Akan tetapi setelah 10 menit,dan  dia mulai terlihat lagi. Suaminya sangat marah karena suaminya kira dia bersembunyi dari suaminya.

3. Menghilang Saat Ditangkap Polisi
 
Kasus ketiga menimpa Jannise, yakni wanita  yang tinggal di Minneapolis,Minnesota.  Dia memiliki pengalaman menghilang beberapa kali dalam hidupnya.
 
Salah satu peristiwa terjadi masih remaja. Pada saat itu ia bergabung dengan sekelompok teman-temannya yang memutuskan untuk mencuri dari Departement store. Sekali waktu dan  akhirnya mereka tertangkap polisi termasuk Jannise.
 
Semuanya dibawa ke Kantor Polisi lalu  di tanyakan satu persatu, kecuali Jannise yang tidak ditanya oleh polisi tersebut. Biarpun dia berdiri di sana tetapi tidak seorang pun memperhatikannya.
 
Lalu dia  keluar dari kantor polisi tanpa ada yang menanyakan ataupun menghentikannya.
 
Pada saat dia  bertanya pada teman-temannya, tapi mereka bilang bahwa mereka tidak tahu Jannise dibawa ke kantor polisi, dan mereka  kira dia masih berada di departement store.
 
Sudah Ada Sejak Lama
 
Kemampuan Manusia untuk tidak terlihat sudah diketahui bertahun-tahun yang lalu. Seorang dukun Indo-Eropa dan Pre-Aryan memiliki keyakinan tentang ini. Pada zaman dulu mereka bisa mengendalikan “Penghilangan Tubuh” mereka.
 
Pada  abad pertengahan (sekitar abad 15) juga terjadi di Eropa. Pada masa tersebut terdapat aliran yang disebut Rosicrucianism.
 

Ordo Rosicrucian, AMORC, singkatan dari Ancient Mystical Order Rosae Crucis (Ordo Kebatinan Purba Salib Mawar), mereka memiliki keyakinan soal fenomena Tubuh Dapat Menghilang.
 
Gerakan  Rosicrucian berakar dari tradisi misteri, filosofi, dan dongeng dari Mesir kuno (kira-kira 1500 SM) yang silam. Beribu-ribu tahun yang lalu di Mesir Kuno  sempat dibentuk badan penelitian yang menyelidiki misteri hidup dan belajar rahasia Ordo Rosicrucian kebijaksanaan tersembunyi ini.
 
Di beberapa tulisan dari naskah kuno ada yang membahas tentang “penghilangan”. Seseorang dari Ordo Rosicrucian ini pernah menulis tentang “Bagaimana cara membuat manusia hilang”.
 
Berbekal keyakinan tersebut, H.Spencer Lewis, Pediri AMORC di San Jose,California mengatakan kita bisa menghilang dengan menggunakan “Awan”. Dan dia  mengatakan Awan atau kabut bisa dipanggil untuk menutupi tubuh dan menghalangi penglihatan orang lain terhadapnya.
 
Berdasarkan keterangan Lewis ilmu ini masih diajarkan hingga sekarang. Tapi sayangnya, tulisan tentang cara menghilang dengan bantuan “Awan” ini masih merupakan rahasia Ordo Rosicrucian.
 
Cabang lain dari persaudaraan Rosicrucian yakni  The Hermetic Order Of The Golden Dawn, Mennggalkan manuskrip , yang menjelaskan tentang ritual untuk menjadi tidak terlihat. Manuskrip ini mengatakan tentang menutupi diri dengan “Jubah” yang mirip dengan “Awan”